PERUSAHAAN JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (LBB) “RUMAH AKADEMIS”


PERUSAHAAN JASA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (LBB) “RUMAH AKADEMIS”
Makalah ini disusun untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Mata kuliah Pemasaran Jasa

Dosen Pengampu:
Irmayanti Hasan, S.T.MM

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh0CMOp8k8Rmj-2iq7tODx_D37PeFjawnXe2D0PlJoxEZlrriyJagTPyXyeLiJZEp0iEu643_jgC6EDvPHkKKEiW3dKuEMR6mcB-iszCanDMissfwtnp5a1_-YPTJnJn5zbXp24vCixfbnP/s1600/UIN+FE.jpg

Disusun oleh:
                                                          Nanang A. S  13510144
Manajemen B







FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
MAULANA MALIK IBRAHIM
MALANG
2016

BAB I
KLASIFIKASI DAN KARAKTERISTIK JASA

A.    Pengertian Manajemen Pemasaran Jasa
Pengertian jasa menurut Kotler yang dikutif oleh Ratih Hurriyati (2010:27) ialah setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan.
Menurut Djaslim Saladin (2007:71) bahwa definisi jasa ialah kegiatan atau manfaat yang dapat ditawarkan oleh satu pihak kepada pihak lain yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan apapun.
 Indriyo Gitosudarmo (2008:221) pengertian jasa ialah produk yang tidak berwujud yang biasanya berupa pelayanan yang dibutuhkan oleh konsumen.
Menurut William J. Stanton yang dikutif oleh Buchari Alma (2009:243) bahwa definisi jasa ialah sesuatu yang dapat diidentifikasikan secara terpisah tidak berwujud, ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan definisi jasa menurut Zeithalm dan Bitner yang dikutif oleh Buchari Alma (2009:243) ialah suatu kegiatan ekonomi yang outputnya bukan produk dikonsumsi bersamaan dengan waktu produksi dan memberikan nilai tambah (seperti kenikmatan, hiburan, santai, sehat) bersifat tidak wujud.
B.     Profil Badan Usaha
a.       Jenis Usaha Jenis usaha yang akan dirintis yaitu, jasa bimbingan belajar dengan variansi kelas dan paket pembelajaran. Terdiri dari kelas untuk siswa SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat. Tersedia pula berbagai paket belajar sesuai dengan kebutuhan konsumen.
b.      Perusahaan Perusahaa lembaga bimbel ini bernama “Rumah Akademis”.
c.       Lokasi Lembaga bimbel “Rumah Bimbel Kita” berlokasi di kabupaten Bangkalan, kecamatan kamal jl. Joko tole No 47.

C.    Klasifikasi Jasa
Berdasarkan Tingkat Kontak Konsumen
Berdasarkan tingkat kontak konsumen jasa dapat dibedakan ke dalam kelompok sistem kontak tinggi (high-contact system) dan sistem kontak rendah (low-contact system).

a.       Pada kelompok sistem kontak tinggi, konsumen harus menjadi bagian dari sistem untuk menerima jasa, contohnya jasa pendidikan, rumah sakit, dan transportasi.

Sementara itu, pada kelompok sistem kontak rendah, konsumen tidak perlu menjadi bagian dari sistem untuk menerima jasa, contohnya jasa reparasi mobil dan jasa perbankan. Konsumen tidak harus dalam kontak pada saat mobilnya yang rusak diperbaiki oleh teknisi bengkel. Dan usaha Private Internet marketing ini termasukdalam katagori high contact system

Berdasarkan Kesamaannya dengan Operasi Manufaktur
Berdasarkan kesamaannya dengan operasi manufaktur, jasa dapat dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu jasa murni, jasa semimanufaktur, dan jasa campuran.

a.       Jasa murni (pure service) merupakan jasa yang tergolong kontak tinggi, tanpa persediaan, atau dengan kata lain sangat berbeda dengan manufaktur, contohnya jasa tukang cukur atau ahli bedah yang memberikan perlakuan khusus (unik) dan memberikan jasanya pada saat konsumen di tempat.
Dan usaha jasa yang saya ingin kembangkan ini merupakan jasa yang termasuk pure service, artinya konsumen akan diberikan perlakuan khusus dan diberikan jasanya pada saat konsumen di tempat
b.      Sebaliknya jasa semimanufaktur (quasimanufacturing service) merupakan jasa yang tergolong kontak rendah, memiliki kesamaan dengan manufaktur, dan konsumen tidak harus menjadi bagian dari proses produksi jasa, contohnya jasa pengantaran, perbankan, asuransi, dan kantor pos.
c.       Sementara itu, jasa campuran (mixed service) merupakan kelompok jasa yang tergolong kontak menengah (moderate-contact), gabungan beberapa sifat jasa murni dan jasa semimanufaktur, contohnya jasa bengkel, dry cleaning, ambulans, pemadam kebakaran, dan lain-lain.

D.    Karakteristik Jasa
Jasa mempunyai empat karakteristik utama yang sangat mempengaruhi rancangan program pemasaran yaitu: Tidak berwujud (intangibility), Tidak dapat dipisahkan (inspirability), Berubah-ubah (variability), Mudah lenyap (perishability).

a.       Tidak Berwujud (Intangibility)
Jasa mempunyai sifat tidak berwujud karena tidak bisa dilihat, dirasa, di dengar, didengar, diraba, atau dicium sebelum ada transaksi pembelian .

b.      Tidak Dapat Dipisahkan (Inspirability)
Suatu bentuk jasa tidak dapat dipisahkan dari sumbernya, apakah sumber itu merupakan orang atau mesin, apakah sumber itu hadir atau tidak, produk fisik yang berwujud tetap ada.

c.       Berubah – ubah (variability)
Jasa sesungguhnya sangat mudah berubah – ubah karena jasa ini sangat tergantung  pada siapa yang menyajikan, kapan dan dimana disajikan.

d.      Mudah Lenyap (Perishability)
Daya tahan suatu jasa tidak akan menjadi masalah jika permintaan selalu ada dan mantap karena penghasilan jasa di muka dengan mudah. Bila permintaan atau turun,  maka masalah yang sulit akan segera muncul.








BAB II
BENTUK RELATIONSHIP MARKETING

A.    Relationship Marketing
Bentuk relationship marketing dapat berupa;
a.       Hubungan pelanggan
b.      Kemitraan dengan pemasok
c.       Kemitraan antar perusahaan
d.      Kemitraan Internal
e.       Bentuk lainya, hubungan dengan masyarakat di sekitarnya, hubungan dengan lembaga keuangan bank.
 Lbb Rumah Akademis dalam memasarakan usaha jasa menggunakan pemasaran relasinal, yaitu pemasaran dengan melibatkan berbagai elemen yang berhubungan dengan proses belajar-mengajar, seperti lembaga pendidikan dasar, menengah pertama ataupun menengah atas serta lembaga lain yang relavan dengan bidang usaha kami. Proses kerjasama antara lembaga kami dengan lembaga yang relavan dengan usaha kami, akan memberikan hubungan timbal balik antara keduanya, sehingga proses kerjasama ini akan saling memberikan dampak positif dianta kedua lembaga.
Berikut tabel relationship marketing pada perusahaan kami:
KONSEP
FOKUS
ANGGAPAN
1.      Kemitraan
Menjalin hubungan yang baik dengan stake holder pada lembega-lembaga pendidikan formal maupun non formal.
Hubungan yang baik kepada stake holder akan memudahkan kami dalam memasarkan “lbb rumah akademis” kepada anak didik  
2.      Tutor
Menyuguhkan Tutor yang berkompeten serta berpengalaman dan profesional dalam proses belajar mengajar
Peserta didik dan orang tua akan lebih percaya dan tertarik jika dibimbing langsung oleh tutor yang kompeten
3.      Pemasaran sosial
Memberikan pengajaran dan pendidikan gratis pada masyarakat di pedesaan khusus untuk tingkat pendidikan dasar
Menjadi pelopor dalam mencerdesakan generasi muda indonesia terlebih pada masyarakat pedesaan yang kurang mampu


BAB III
VISI DAN MISI
Visi;
1.      Mencetak generasi muda yang akademis, visioner dan berbudi luhur
Misi;
1.      Tenaga pendidik yang berkompeten, berpengalaman dan profesional
2.      Kurikulum sesuai dengan yang berlaku di Indonesia
3.      Keunggulan metode pengajaran dan pendidikan
4.      Merancang nilai tambah kegiatan belajar mengajar dengan mengadakan training motivasi dan spiritual serta refreshing bersama.


BAB IV
SEGMENTASI, POSITIONING DAN TARGETING
A.    SEGMENTASI
Untuk segmentasi pada pangsa pasar ini dibagi menjadi beberapa variable diantaranya;
a.       Georafi
Untuk sementara waktu lbb “Rumah Akademis” masih berdiri di Kabupaten Bangkalan Kecamatan Kamal dan belum mempunyai cabang. Namun untuk kedepanya kami akan membangun beberapa cabang di Indonesia khususnya di provinsi jawa timur.

b.      Demografi
Lbb “Rumah Akademis”, diperuntukkan bagi mereka yang duduk di lembaga pendidikan dasar, menengah pertama ataupun mengah atas.


B.     POSITIONING
Positioning pada usaha jasa ini, kami fokuskan pada metode pembelajaran dengan tutor yang berkompeten, berngalaman dan profesional. Sehingga materi yang tersampaikan akan mudah dipahami oleh peserta didik. Selain itu lbb rumah akademis juga menyediakan perpustakaan yang menunjang peserta didik dalam proses pembelajaran di lbb rumah akademis. Kemudian kami pun menyediakan buku monitoring untuk memudahkan kami dalam proses control diluar jambelajar lbb “Rumah Akademis”.

C.    TARGETING
Targeting adalah proses mengevaluasi setiap daya tarik segmen kemudian memilih satu atau lebih karakteristik untuk dilayani. Targeting adalah persoalan bagaimana memilih, menyeleksi, dan menjangkau pasar. Targeting atau menetapkan target pasar merupakan tahap selanjutnya dari analisis segmentasi.
Untuk tahap ini akan dilakukan setelah produk jasa ini ditawarkan dan dilaksankan, yaitu dengan mengevaluasi secara intensif guna mendapatkan target pasar yang lebih potensial. Hal ini dimaksudkan untuk medirikan cabang baru dibeberapa kota di Indonesia.

BAB V
STRATEGI PRODUK JASA
A.    PRODUK JASA INTI
Inti dari produk jasa ini adalah memberikan solusi bagi mereka peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran atau bagi peserta didik yang ingin lebih dalam untuk memahami materi-materi pelajaran secara komprehensif.
B.     PRODUK AKTUAL
Tutor yang berkompeten, berpengalaman dan profesional serta keunggulan metode pembelajaran menjadi produk aktual yang kami tawarkan. Dengan sinergi kedua produk tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan prima dalam hal materi pelajaran.
C.     PRODUK TAMBAHAN.
Produk jasa tambahan yang akan kami berikan adalah berupa perpustakaan yang menunjang proses belajar peserta didik. Perpustakaan ini berisi buku-buku mulai dari tingkat pendidikan dasar, menengah pertama, dan menengah atas.

BAB VI
STRATEGI PENETAPAN HARGA

Penetapan harga merupakan keputusan kritis yang menunjang keberhasilan organisasi profit dan non profit. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pendapatan untuk perusahaan. Namun keputusan mengenai harga tidaklah mudah, disatu sisi harga yang terlalu mahal bisa meningkatkan laba jangka pendek, tapi disisi lain akan sulit dijangkau konsumen dan sukar bersaing dengan competitor. Dalam kasus tertentu harga yang terlalu tinggi akan menuai protes dari lembaga konsumen dan bahkan mengundang campur tangan pemerintah untuk menurunkannya.



BAB 9
STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
Stuktur organisasi







                                                                                          


Text Box: TUTOR
 



Adapun deskripsi pekerjaannya diuraikan sebagai berikut :
a. Direktur
1.      Brtanggung jawab penuh atas apa pun yang berhubungan dengan lbb “rumah akademis”
2.      Mengkoordinir, mengontrol dan mengawasi para karyawan
3.      Menetapkan suatu kebijakan lbb “rumah akademis”
4.      Membimbing dan mengevaluasi kinerja para karyawan
b. Bagian Akademik
1.      Mengelola jadwal bimbingan siswa dan tutor beserta perubahannya
2.      Mengontrol, menganalisa dan membuat kebijakan dari perkembangan akademik siswa dan perkembangan kualitas tutor
3.      Membuat dan mengelola kalender pendidikan
c. Bagian Administrasi.
1.      Mengelola surat-menyurat perusahaan
2.      Mengelola formulir pendaftaran siswa dan tutor
3.      Mengelola absensi siswa dan tutor
4.      Mengarsipkan data dan inventarisasi
d. Bagian Keuangan
1.      Mengelola catatan pengeluran dan pemasukan keuangan
2.      Membuat anggaran keuangan
3.      Mampu mengatur keuangan lbb “rumah akademis” secara efesien
d. Bagian Marketing
1.      Bertanggung jawab atas pengrekrutan tutor serta para siswa
2.      Mengatur jadwal kunjungan ke sekolah-sekolah untuk menawarkan lbb “rumah akademis”
3.      Bertanggung jawab atas pengelolaan brosur untuk disebarkan dalam rangka promosi 4. Mengelola akun media sosial dan website perusahaan untuk mempromosikan lbb “rumah akademis”
e. Tutor/tentor/instruktur
1.      Bekerja sama dengan bagian akademik
2.      Membimbing para siswa sesuai dengan keahlian yang dimiliki



BAB 10
STRATEGI PROSES
Dalam usaha jasa lembaga bimbingan belajar (lbb) ini, ada beberapa proses yang dilakukan perusahaan, mulai dari penyampaian informasi layanan jasa kami hingga proses operasional, untuk penyampaian informasi terkait layanan, kami utamakan untuk langsung datang pada kantor kami yaitu, di Kabupatrn Bangkalan Kecamatan Kamal tepatnya di Jalan Joko Tole No 47. Selain itu kami menyediakan informasi melalui media internet, dengan membuka website resmi perusahaan jasa kami yaitu www.rumahakademisblogspot.com.
Ketika anda berkunjung langsung ke kantor kami untuk melakukan registrasi pendaftaran atau hanya sekedar ingin mendapatkan informasi seputar lbb “Rumah Akademis”, pertama anda harus masuk ruang resepsionis, disiitu terdapat segala bentuk pelayanan lbb rumah akademis, mulai dari informasi lbb “rumah akademis”, registrasi maupaun biaya pendidikan di lbb “rumah akademis.



BAB 11
STRATEGI LINGKUNGAN FISIK
(PHYSICAL ENVIRONMENT)
Untuk bangunan fisik pada perusahaan jasa ini, kami akan mendesain sekreatif dan seinovatif mungkin, terdiri dari 6 ruang kelas : 2 kelas untuk SD/Sederajat. 2 kelas untuk SMP/Sederajat, 2 kelas untuk SMA/sederajat. Selain itu terdapat ruang untuk pusat informasi. Dan juga ada ruang-ruang untuk para karyawan dan tutor. Dan untuk menjung proses dalam belajar mengajar kami sediakan satu gedung perpustakaan mulai dari tingkat SD/sederajat sampai SMA/sederajat. Selain itu kami juga menyediakan ruang tunggu bagi orang tua peserta didik.
Dihalaman depan kami sediakan tempat parkir sepeda motor dan sepeda gayuh. Hal ini kami lakukan untuk memberikan kenyaman bagi peserta didik maupun keluarga peserta didik.



Latest
Previous
Next Post »